Julukan Lain Untuk Pesawat

Oleh Aviasi.com | 6 Maret 2021

Airbus A-350

Hampir semua pesawat memiliki nama resmi yang diberikan oleh pabrik pembuatnya seperti Boeing 787 Dreamliner, Lockheed L-1011 Tristar, Rockwell B-1 dan lainnya.

Akan tetapi selain dari nama resmi, pesawat-pesawat sipil dan militer ini memiliki nama atau sebutan lain yang diberikan baik oleh para kru pesawat itu sendiri maupun oleh para antusias aviasi di seluruh dunia.

Latar belakang dari pemberian sebutan atau nama lain ini bervariasi mulai dari karena bentuk, ukuran hingga karena masalah yang sering timbul pada pesawat tersebut.

Mari kita lihat nama lain dari pesawat-pesawat ini yang kami himpun dari berbagai sumber.

1. Airbus

Pesawat besutan Airbus A-350 memiliki sebutan lain sebagai 'Trash Panda', hal ini tidak lain karena penampakan kaca depan kokpit pesawat ini yang menyerupai hewan raccoon dimana hewan ini memiliki sebutan lain yaitu Trash Panda karena pekerjaanya meng obrak abrik tong sampah di pagi hari.

Airbus A320 mendapat julukan dengan Scare-bus, Die-by-Wire dan Sully’s Ark.

2. Lockheed

Pesawat kargo militer C-5 besutan Lockheed ini memiliki nama resmi yang gagah yaitu Galaxy namun karena masalah yang sering timbul saat pertama-tama dioperasikan seperti pada konsumsi bahan bakarnya, maka para kru pesawat ini menyebutnya dengan 'FRED' yang tidak lain merupakan singkatan dari F*cking Ridiculous Economic Disaster atau sebuah bencana ekomomi yang konyol

Pesawat lain besutan Lockheed juga mendapat julukan lain seperti pesawat Lockheed L-1011 dengan El-10-Elemon dan Bistar (karena sering terjadi kegagalan pada mesin RB211-22B ).

Pesawat private jet Lockheed yaitu Lockheed Jetstar mendapat julukan Lawn Dart atau dan Lockheed C-130 Hercules dengan Herkybird, Fat Albert, Trash Hauler, Cessna 130.

3. McDonnell Douglas

Sederetan pesawat besutan pabrikan McDonnel Douglas juga tidak luput dari pemberian nama lain karena beberapa sebab seperti MD-11 dengan Mechanical Disaster 11, More Death 11, She Who Won't Land, MD-911, She Who Won't Sell.

Kemudian pesawat MD-80 dengan sebutan lain Stupid 80 , Mad Dog 80, Minimum Delay 80 (Minutes).

Masih banyak lagi sebutan lain untuk pesawat-pesawat yang mengangkasa, selain itu ada sebutan lain dari pesawat untuk mempermudah dalam mengenali pesawat itu dengan menggantinya dengan bahasa yang lebih mudah.

Adalah AFIC atau Five Eyes Air Force Interoperability Council yang terdiri dari Angkatan Udara dari 5 negara yaitu Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Kanada dan Inggris ditambah Angkatan Laut Amerika yang memberi kode-kode tersendiri kepada seluruh pesawat dari berbagai jenis buatan Rusia dan Cina.

Badan ini adalah kerjasama militer antar 5 negara tersebut dalam hal standar kemampuan angkatan udara nya seperti meminjamkan peralatan masing-masing negara kepada anggotanya dalam mengetese kemampuan mereka dalam menghadapi situasi yang dapat terjadi.

Mereka memberikan kode tersendiri pada pesawat-pesawat serta peralatan militer lainnya dari Rusia dan Cina untuk memudahkan mereka dalam mengenali masing-masing pesawat dengan bahasa yang mereka kenali pastinya, sehingga tidak pada pesawat saja.

Mereka memberikan kode tersendiri berdasarkan klasifikan masing-masing sebagai huruf awal dari kode yang diberikan seperti awal 'C' untuk pesawat transport, 'F' untuk pesawat Tempur, 'H' untuk Helikopter, 'B' untuk Pesawat Pembom sedangkan 'M' untuk jenis lainnya seperti pesawat pengintai,latih, tanker, dan lainnya diluar dari 4 jenis tersebut lainnya.

Pesawat Tempur

Su-25 dengan Frogfoot, Xi'an JH-7 dengan Flounder, Су-35 dengan Flanker-E, Су-30 dengan Flanker, Su-47 Berkut dengan Firkin.

Pesawat Angkut

AN-22 Antei dengan Cock, An-124 dengan Condor АN-225 dengan Cossack, Ilyushin Il-86 dengan Camber dan AN-12 dengan Cub.

AFIC sudah berdiri sejak tahun 1947 dan dahulunya bernama Air Standardization Coordination Committee dan sejak tahun 2017 berganti nama dengan Five Eyes Air Force Interoperability Council.