Keselamatan dan Keamanan dalam Aviasi

Foto : Lei Jiang (unsplash.com)

Aviasi.com, 7 Maret 2021

Kata keselamatan dan keamanan sering disamakan maknanya walau dalam penerapannya khususnya dalam dunia aviasi kedua kata ini sangatlah berbeda.

Mari kita coba untuk membedakan kedua kata ini dalam konteks penerbangan dengan pesawat terbang.

Keselamatan

Keselamatan dalam aviasi mengacu kepada usaha usaha yang dilakukan untuk menghindari kecelakaan termasuk pada hal hal yang berkaitan dengan desain, konstruksi, pemeliharaan dan pengoperasian dari pesawat terbang.

Para pabrikan pesawat terbang di seluruh dunia telah menjadikan pesawat sebagai moda transportasi yang sangat aman dengan berbagai teknologi dan inovasi mereka sehingga pesawat pesawat keluaran baru dari waktu ke waktu memiliki tingkat keselamatan yang meningkat pula.

Faktor kesalahan manusia atau human error menjadi salah satu kontribusi dari sebuah kecelakaan sehingga baik pabrikan melalui desain dan konstruksi pesawat hingga kepada para maskapai dalam memelihara armada pesawatnya dan para kru pesawat dan teknisinya menjadi titik dimulainya dari keselamatan dalam aviasi ini.

Kemananan

Keamanan dalam aviasi mengacu kepada segala usaha dan protokol yang disiapkan untuk menghindari segala jenis ancaman yang ditujukan kepada pesawat, penumpang dan kru nya termasuk pada ancaman serangan teroris.

Usaha dan pemberlakukan baik itu sistem ataupun prosedur pada bandara bandara berupa alat X-ray dan pendeteksi lainnya dapat memberikan tingkat keamanan baik kepada air traveler, kru pesawat dan pesawat itu sendiri dari ancaman seperti pelarangan dari beberapa macam benda yang dapat membahayakan selama penerbangan.

Pada pesawat terbang, faktor feature pada pesawat menjadi perhatian bagi para pabrikan pesawat terutama setelah kejadian 9/11 dan membuat para pabrikan membuat pesawat semakin aman selama di udara seperti penguatan pada pintu kokpit yang kini semakin kokoh dan aman sehingga dapat menahan serangan peluru, ledakan dan ancaman sejenis lainnya saat penerbangan.

#Tags : Aviasi Sipil