Sentuhan Kreasi Para Desainer Fashion pada Aviasi

Oleh Aviasi.com | 5 Februari 2021

aviasi.com
Foto : Pixabay.com

Flight attendant atau Cabin Crew lebih sering di arahkan kepada wanita walau pada kenyataannya dan sejarahnya juga menunjukan bahwa profesi ini juga diisi oleh kamu lelaki.

Namun jika kita berbicara mengenai wanita maka akan selalu berhubungan dengan fashion baik itu dalam kehidupan sehari-hari, bisnis hingga kepada sebuah profesi di angkasa sekalipun.

Uniform atau seragam dari para flight attendant di maskapai dapat merefleksikan maskapai yang bersangkutan sehingga tidak mengherankan banyak maskapai sangat memandang penting seragam dari para flight attendant nya untuk mempresentasikan maskapai nya di udara.

Alhasil banyak maskapai yang menggandeng para desainer fashion terkenal untuk mendesain seragam para flight attendant nya.

Perkembangan seragamnya pun beragam mulai dari bernuansa nurse dan militer mula nya karena perkembangan dari flight attendant itu sendiri yang dahulu merupakan perawat yang di latih untuk menjadi air stewardess waktu itu.

Berikut beberapa fashion designer terkenal yang telah ikut serta dalam perkembangan dari seragam para flight attendant dari maskapai di seluruh dunia :

Gianfranco Ferre mendesain seragam flight attendant dari maskapai Korean Air pada tahun 2019

Christian Lacroix mendesain seragam flight attendant dari maskapai Air France pada tahun 2005.

Yves Saint Laurent mendesain seragam flight attendant dari maskapai Qantas yang digunakan Qantas dari tahun 1986 hingga 1994.

Emilio Pucci mendesain seragam flight attendant dari maskapai Qantas yang digunakan 1974 hingga 1985, dia juga mendesai seragam flight attendant dari maskapai Braniff Airways pada awal tahun 1960.

Masih banyak lagi tentunya para desainer yang digandeng oleh para maskapai dalam mempresentasikan branding perusahaannya saat di angkasa.

Selain di udara, para desainer ini juga digandeng oleh maskapai menyiapkan seragam staf nya di darat sebut saja maskapai Air France yang telah menggandeng beberapa desainer seperti Dior hingga Piere Cardin.

Selain sebagai presentasi branding maskapai, seragam flight attendant ini juga dapat digunakan sebagai alat marketing yang jitu.

Hal ini paling tidak terbukti ketika sebuah maskapai berbasis di Texas yang ketika itu dalam kesulitan keuangan dan sebagai strategi nya adalah flight attendant mereka mengenakan hot pants dan boot, dan terbukit jitu dengan melonjaknya penjualan tiket pesawat mereka.