Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia
Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Oleh : Aviasi.com | 24 September 2020

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia adalah pesawat terbang VVIP yang secara khusus disediakan untuk menunjang mobilitas udara Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia ini berjenis Boeing BBJ-2 sebagai modifikasi dari Boeing 737-800 besutan dari pabrikan pesawat Boeing yang dibeli oleh Pemerintah Indonesia dan tiba pada April 2014 di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma.

Pesawat ini ditenagai oleh 2 buah mesin CFM56-7 yang mampu menghasilkan kecepatan jelajah atau cruising speed 0,75 Mach atau sekitar 926 km/jam dengan kecepatan maksimumnya 0,85 Mach atau sekitar 1,049 km/jam.

Pesawat ini memiliki kemampuan terbang sejauh 4,620 Nautical Miles atau sekitar 8,556 km serta dapat melakukan terbang non-stop hingga 10-12 jam.

Interior pesawat terdiri dari VVIP State Room berupa ruang tidur dengan kapasitas 2 orang, Ruang Pertemuan dengan kapasitas 4 orang, serta 12 kursi eksekutif dan 44 kursi untuk para staf dan rombongan dengan dapat menampung hingga 67 orang.

Penanggung jawab dari pesawat Kepresidenan Republik Indonesia ada pada Kantor Sekretariat Negara dengan pengoperasiannya oleh TNI-AU.


Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia
Pesawat Kepresidenan RI - A-001

Selain dari fasilitas VVIP tersebut, pesawat ini juga dilengkapi dengan peralatan keamanan tentunya dimana hanya dapat diketahui oleh beberapa pihak saja untuk kepentingan keamanan itu sendiri.

Boeing Business Jet 2 ini merupakan modifikasi dari Boeing 737-800 dari pabrikan Boeing dan salah satu tipe pesawat selain dari Boeing 787-8,787-9, 777-8, 777-9 dan 747-8 yang di modifikasi menjadi Business Jet.

Boeing Business Jet mulai diperkenalkan oleh Boeing pada tahun 1999 sebagai usaha pabrikan pesawat terbang Boeing dalam membididk pasar pada eksekutif.

Selain Pemerintah Indonesia, beberapa negara juga menggunakan pesawat Boeing Bussiness jet dari berbagai tipe seperti negara United Arab Emirates, Moroko, Qatar, Belanda, Afrika Selatan dan beberapa negara lainnya baik sebagai pesawat Kepresidenan maupun angkutan VVIP untuk para pejabat Pemerintahan.