Aerobatik

Pertunjukan Udara

Oleh : Aviasi.com | 26 Oktober 2020

Aerobatik
Tim Aerobatik


Aerobatik adalah pertunjukan kemampuan para penerbang pesawat dalam melakukan manuver penerbangan di udara yang tidak umum dilakukan dengan pesawat pada umumnya sehingga diperlukan keahlian para penerbangnya dalam mengendalikan pesawatnya.

Pada pertunjukan kedirgantaraan biasanya dipertunjukan acara aerobatik ini yang melibatkan pesawat-pesawat melakukan atraksi di udara dengan mempertunjukan keahlian para penerbangnya dalam melakukan manuver yang terkadang membuat jantung berdebar-debar bagi yang menontonnya.

Manuver seperti membuat lingkaran 360 derajat (loop), berputar-putar (rolls) atau dua pesawat datang dari arah berlawanan dengan jarak yang sangat dekat adalah beberapa contoh dari pertunjukan udara ini.

Adakalanya juga pesawat-pesawat meninggalkan asap baik berwarna putih atau warna warni dimana gunanya selain menambah daya tarik para pengunjung juga untuk memberikan informasi arah tujuan pesawat tersebut (path).

Aerobatik adalah bagian dari general aviation atau aviasi umum dan dapat disebut sebagai kegiatan olah raga, hiburan dan rekreasi karena aerobatik selain dilakukan sebagai pertunjukan hiburan juga dilakukan sebagai kompetisi seperti halnya dalam olah raga.

Pertunjukan aerobatik biasanya juga dilakukan jauh dari para pengunjung dan penonton untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama pertunjukan udara berlangsung.

Jenis Pesawat

Pesawat yang digunakan pada pertunjukan aerobatik terbagi menjadi dua yaitu jenis pesawat yang memang dikhususkan untuk melakukan manuver-manuver aerobatik dan jenis pesawat yang selain dapat berfungsi sebagai pesawat yang membawa penumpang dan barang pada umumnya juga dapat melakukan pertunjukan aerobatik pada tingkat dasar seperti pessawat Cessna 152.

Pesawat yang digunakan juga tidak selamanya bersayap tetap (fixed-wing) namun juga helikopter seperti Messerschmitt-Bölkow-Blohm Bo 105

Pada tingkat dasar biasanya dilakukan demonstrasi terbang yang biasanya melibatkan hingga 16 pesawat dan melakukan berbagai jenis formasi terbang, sedangkan untuk tingkat lebih tinggi pada aerobatik melakukan manuver terbang yang tidak umum dan biasanya digunakan pesawat yang memang khusus dan mendukung untuk itu seperti kestabilan dan daya tahan pesawat.

Dengan melakukan manuver-manuver yang tidak biasa tersebut, para penerbangnya juga harus melalui latihan-latihan baik dalam mengendalikan pesawatnya juga dalam menghadapi g-force.

Pada dunia aviasi militer, para pilot khususnya penerbang pesawat tempur memang dilatih untuk melakukan manuver-manuver pada aerobatik ini guna mengasah keahilan mereka dalam mengendalikan pesawat dalam segala jenis keadaan yang dihadapi yang memerlukan manuver-manuver yang tidak biasa seperti menghindari musuh atau dalam peperangan diudara (dogfight).

aviasi.com
Tim Aerobatik TNI-AU

Banyak negara di dunia yang memiliki tim aerobatik baik dari kalangan sipil dan militer yang biasanya dilakukan sebagai momen untuk mempertunjukan kebolehan dan keahlian para penerbang tempur dari sebuah kesatuan (skadron udara) dari Angkatan Udara negara yang bersangkutan.

Biaya yang dikeluarkan oleh wisatawan mungkin masih lebih murah dibanding dengan menginap satu malam di hotel mewah atau mungkin bisa lebih, akan tetapi pengalaman yang akan didapat tidak akan sebanding kemegahan fisik bangunan beserta fasilitasnya.

Indonesia sendiri melalui TNI-AU memiliki tim aerobatik seperti Elang Biru, Spirit 78, Spirit 85, Jupiter, Tim Aerobatik P-51 Mustang dan MIG-17.