Mobilitas Udara

Mobilitas Udara

Aviasi.com 22 September 2020

Mobilitas udara mengacu kepada keperluan akan angkutan udara baik itu angkutan udara untuk orang ataupun barang berdasarkan kebutuhan mereka masing-masing

Dalam kehidupan dimana keefektifan usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan sangat memainkan peranan, angkutan udara hadir dalam membantu para individual dan perusahaan.

Pergerakan orang dan barang lewat udara ini dilakukan oleh para maskapai baik itu maskapai penumpang komersial dan non komersial maupun maskapai untuk kargo reguler/non reguler.

Sebuah Kebutuhan

Angkutan udara dapat melakukan pergerakan tersebut dengan waktu yang lebih singkat dan efisien sehingga banyak yang memilih angkutan udara ini sebagai transportasi dalam memenuhi mobilitas mereka.

Perusahaan yang melakukan pembangunan di daerah terpencil memerlukan mobilitas udara untuk melakukan inspeksi lapangan dimana tidak ada jadwal penerbangan reguler kesana atau tidak adanya bandara.

Pihak Militer membutuhkan mobilitas udara dalam memindahkan personil dan peralatan mereka dari satu titik ke titik lain baik dalam keadaan perang atau damai serta mengangkut bala bantuan ketika terjadinya bencana di sebuah daerah.

Kesiapan dan kelaikan pesawat terbang baik itu dalam militer dan sipil merupakan hal yang mendasar untuk memenuhi kebutuhan mobilitas udara ini.

Mobilitas Udara Perkotaan

Pada jaman sekarang, perkotaan dengan penduduk dan lalu lintas dalam kota yang padata, mobilitas udara menjadi hal yang krusial bagi beberapa pihak dalam memenuhi mobilitas udara mereka.

Konsep air taxi atau taksi udara sudah dikembangkan dan mulai ditawarkan oleh beberapa perusahaan di dunia saat ini seperti yang dilakukan oleh Volocopter, sebuah perusahaan pembuat pesawat di Jerman.

Kebutuhan untuk menuju ke tujuan yang dikehendaki dengan waktu yang cepat dan tersedia kapanpun diperlukan serta untuk menghindari kemacetan lalu lintas adalah hal yang menjadi alasan kehadiran mobilitas udara ini sebagai penunjang aksesbilitas dan mobilitas penduduk di kota khususnya.

Helipad di Perkotaan
Helipad di Kota (Pixabay.com)

Penggunaan pesawat terbang ringan dan helikopter serta drone baik yang berawak maupun tidak adalah jenis alat transportasi udara yang digunakan dalam menunjang mobilitas udara khususnya di perkotaan.

Mobilitas udara bagi para pemimpin beberapa negara di dunia didukung oleh pesawat kepresidenan, kesiapan pesawat terbang dan kru harus selalu siap dan laik terbang untuk mengantarkan kepala negara ke tujuan manapun.