Aviasi Komersial

Makna

Aviasi Komersial adalah bagian dari pengoperasian pesawat terbang terjadwal seperti pada maskapai pada umumnya serta yang tidak terjadwal seperti pada penerbangan charter atau leisure airlines kepada publik dengan mendapatkan nilai ekonomi berupa penjualan tiket atau sewa.

Pesawat ATR Air New Zealand

Maskapai yang menyediakan penerbangan penumpang atau kargo yang terjadwal kepada publik dengan jaringan rute penerbangan yang mereka miliki untuk mendapatkan nilai ekonomi melalui penjualan tiket sedangkan maskapai charter atau leisure airline menyediakan penerbangan penumpang atau kargo yang tidak terjadwal dengan mendapatkan sewa dari pengoperasian pesawat.

Pada dasarnya semua penggunaan pesawat terbang untuk penerbangan tidak terjadwal baik itu penumpang atau kargo, masuk dalam aviasi umum atau general aviation akan tetapi ketika penerbangan tidak terjadwal tersebut mendapatkan nilai ekonomi dari penggunaan pesawat tersebut maka akan masuk dalam aviasi komersial.

Pengoperasian pesawat untuk penggunaan pribadi atau rekreasi oleh pemilik pesawat atau peliputan berita dari oleh perusahaan televisi serta untuk keperluan latihan pada sekolah penerbangan adalah contoh dari aviasi umum yang tidak masuk dalam aviasi komersial.

Aviasi Komersial

Pixabay.com

Pesawat

Jenis pesawat terbang tidak terjadwal untuk keperluan non komersial juga dapat berupa pesawat berupa jenis mulai dari bermesin baling-baling atau jet dengan ukuran dari kecil, sedang hingga berbadan lebar.

Hal ini sesuai dengan perumusan Organisasi Penerbangan Sipil Dunia atau ICAO dalam no. STA/10-WP/7 pada tahun 2009 dalam pertemuan mereka di Montréal, Kanada pada tanggal 23 to 27 Nopember 2009.