Bell Boeing V-22 Osprey

Aviasi pada Marinir Amerika

Aviasi.com, 12 Maret 2012

Penggunaan dan pengoperasian pesawat terbang pada Korps Marinir Amerika Serikat adalah untuk mendukung pasukan marinir di darat baik itu dalam angkut mapun dukungan darat dengan memiliki fungsi dalam menjalankan tugas pokoknya yaitu dukungan penyerangan, anti-air warfare, offensive air support, pengintaian udara, electronic warfare, pengoperasian pesawat dan peluru kendali

Perbedaan antara aviasi pada Angkatan Laut dengan Marinir adalah pada tugas pokok nya dimana para penerbang di Angkatan Laut memiliki tugas untuk melindungi dan mendukung armada laut serta melakukan tugas stategik lainnya sedangkan penerbang pada Marinir adalah untuk melindungi dan mendukung pasukan marinir di darat.

Dalam gambaran operasi militer, para penerbang di Angkatan Laut akan menyerang kapal perang dan kapal selam sedangkan para penerbang Marinir akan meluncurkan roket, peluru kendali ke target di daerah peperangan untuk memberikan Air Close Support pada pasukan Marinir didarat.

AH-1 SuperCobra

Jenis Pesawat Jet dan Helikopter

Marinir Amerika menggunakan beberapa jenis pesawat tempur jet dan helikopter untuk melakukan tugas pokoknya dan dalam perkembangan beberapa jenis pesawat jet tempur seperti F-4 Phantom II, Pesawat F-18 Hornet serta F-35 B/C yang menurut berita akan menggantikan armada F-18 Hornet mereka.

Pada penggunaan Helikopter Marinir Amerika menggunakan Boeing Vertol CH-46 Sea Knight namun akan segera diganti dengan pesawat Bell Boeing V-22 Osprey serta helikopter Sikorsky CH-53 D/E Sea Stallion yang akan di upgrade ke CH-53 K sebagai helikopter angkut .

Untuk penyerangan mereka menggunakan Helikopter Bell AH-1 SuperCobra yang menurut berita akan di upgrade juga menjadi Bell AH-1Z Viper.

Untuk Helikopter multiguna mereka menggunakan Sikorsky SH-60 Seahawk (Sikorsky UH-60 Black Hawk pada Angkatan Darat) dan Sikorsky SH-3 Sea King dimana kedua helikopter ini akan digantikan dengan Lockheed Martin VH-71 Kestrel.

Jika kita mengetahui Helikopter Angkut Kepresidenan Amerika Serikat saat ini yang disediakan oleh pihak Marinir Amerika yaitu Sikorsky/Lockheed Martin VH-92, maka sebelumnya pilihan jatuh pada Lockheed Martin VH-71 Kestrel merupakan varian dari Helikopter AgustaWestland AW101 (dahulunya EH101) namun karena beberapa hal, pengadaan tersebut dibatalkan.