Kelas Utama Tanpa Pesawat Jumbo

Maskapai diseluruh dunia saat ini masih berusaha bertahan menghadapi dampak yang disebakan oleh pandemi Covid-19 ini, berbagai cara mulai dari Pemutusan Hubungan Kerja, pengurangan penerbangan dan lainnya atas nama efisiensi.

Penurunan drastis jumlah pengguna maskapai selama pandemi mengakibatkan banyaknya pesawat dalam armada mereka berada didarat dan diparkir selama ini dan kini saat dunia penerbangan secara bertahap dimulai kembali, beberapa maskapai justru ada yang mengirimkan atau mempensiunkan dini beberapa pesawatnya terutama pesawat Jumbo dan Superjumbo seperti Airbus A-380 dan Boeing B-747.

Maskapai Qantas salah satu yang mempensiunkan pesawat berbadan lebarnya pada bulan Juli ini yaitu Boeing B-747-400 ER nya setelah dioperasikan sejak tahun 2003.

Satu bulan sebelumnya di bulan Juni, Qantas juga mengirim 12 armada Airbus A-380 nya ke Mojave Desert di California untuk di simpan (storage), dikabarkan mereka akan mengistirahatkan armada A-380 paling tidak hingga tahun 2023 dan juga belum dapat dipastikan total 12 pesawat tersebut akan digunakan kembali, bisa kurang.

Penerbangan Air France AF380 pada tanggal 24 Juni 2020 adalah penerbangan terakhir armada A-380 dari maskapai Air France yang sebelumnya dikabarkan baru akan mempensiunkan 9 buah pesawat A-380 nya pada tahun 2022 akan tetapi dampak Covid-19 memaksa mereka untuk mempercepat rencana tersebut.

Maskapai Virgin Atlantic mengirim pesawat Boeing B-747 nya dengan registrasi G-VAST untuk menuju ke tempat pensiunnya di Manchester, pesawat ini sebelumnya memang sudah di tarik dari penggunaan ( Withdrawn From Use ) pada 24 Maret 2020 yang lalu.

Penggunaan pesawat berukuran lebih kecil dan lebih efisien dalam penggunaan bahar bakar akan menjadi pilihan dari beberapa maskapai untuk tetap beroperasi selama pandemi belum berakhir, pesawat seperti Airbus A350 dan Boeing B787 sepertinya akan mendominasi angkasa selanjutnya.

Hilangnya Kelas Utama ?

Tidak dapat dipungkiri bahwa kedua jenis pesawat Jumbo dan Superjumbo tersebut adalah pesawat yang dapat memberikan kenyamanan terbang pada kelas utama bagi penggunanya.

Beberapa maskapai menyediakan kelas utama pada pesawat berbadan lebar seperti A380 Singapore Airlines dengan First Class Suites nya pada penerbangan ke London nya yang seperti kamar hotel dengan tempat tidurnya sendiri.

Maskapai Eithad yang menyediakan kelas utama dengan nama 'Residence' yang memiliki kamar tidur dan kamar mandi pribadi serta maskapai Singapore Airlines dnegan 'First Suites' nya memberikan pengalaman tersendiri bagi pengguna kelas utama.

Beberapa pihak mengatakan bahwa pelayanan kelas utama akan berakhir dengan akan menghilangnya pesawat berbadan lebar ini dan juga karena pelayanan kelas bisnis saat ini juga mengalami kemajuan hingga hampir menyamakan dengan kelas utama.

Dunia penerbangan mungkin akan berbeda dimasa mendatang dan dengan akan hilangnya pesawat berbadan lebar ini, layanan kelas utama dengan kamar tidur dan kamar mandi pribadi mungkin juga akan hilang atau paling tidak berkurang jumlah pilihannya.

Akan tetapi bagi para pengguna kelas utama mungkin akan kehilangan layanan kelas utama di pesawat Jumbo dan Superjumbo dikala maskapai nantinya memutuskan untuk tidak lagi mengembalikan pesawat-pesawat berbadan lebar mereka ke angkasa.