Boneyard

Boneyard
Pexels.com

Tempat Penyimpanan Pesawat Terbang

Dalam istilah bahasa Inggris dikenal kata Aircraft Boneyard yaitu sebagai tempat penyimpanan atau bisa menjadi tempat peristirahatan terakhir untuk pesawat-pesawat yang sudah masuk masa pensiun dalam penggunaannya.

Semua pesawat terbang baik itu yang digunakan untuk penerbangan sipil maupun militer pada akhirnya akan memasuki masa pensiun dan ditarik dari penggunaan, dan tempat inilah menjadi tujuan akhir pesawat menjalani masa pensiunnya yang dikenal sebagai Aircraft Boneyard.

Pada umumnya pesawat yang ada di tempat ini adalah pesawat komersial seperti milik maskapai baik yang memang sudah dipensiunkan maupun yang hanya disimpan sementara waktu.

Namun demikian tidak semua pesawat yang berada di tempat peristirahatan ini yang sudah pensiun, ada juga pesawat terbang yang masih layak terbang namun ditarik penggunaan nya sementara waktu di tempat ini dengan tetap melakukan pemeliharaan pada pesawat.

Bagi pesawat yang memang sudah pensiun dan tidak akan digunakan lagi maka bagian yang ada pada pesawat seperti radar,flap, mesin dan lainnya dapat di jual atau dipergunakan pada pesawat lain, kemudian di scrap atau di bongkar menjadi besi tua.

Pandemi Covid 19

Sejak awal pandemi berlangsung, banyak pesawat terbang khususnya dari maskapai terpaksa harus memparkir hampir seluruh armadanya dikarenakan turunnya permintaan dalam penerbangan sehingga mereka terpaksa harus menghentikan sementara penerbangannya.

Dan ketika semua bandara dipenuhi oleh pesawat-pesawat maskapai bahkan pada landasan pacu maka bagi para maskapai yang masihh belum punya tempat untuk memparkir pesawatnya memilih tempat ini.

Oleh sebab itu kami di tim Aviasi.com menggunakan terjemahan Aircraft Boneyard ini sebagai tempat penyimpanan dan peristirahatan pesawat terbang, bukan sebagai tempat penyimpanan akhir karena tidak semua pesawat di tempat ini akan sudah pensiun melainkan disimpan untuk digunakan kemudian bila saatnya tiba kembali seperti pada keadaan pandemi ini.

Beberapa waktu yang lalu maskapai Qantas mengirimkan seluruh armada Airbus 380 nya ke salah satu aircraft boneyard di Amerika yaitu Gurun Mojave di Kalifornia, Amerika Serikat untuk disimpan sementara waktu disana hingga Qantas memutuskan untuk menggunakan kembali, paling tidak mungkin bila pandemi sudah berakhir atau permintaan akan penerbangan kembali normal seperti sediakala.

Kenapa harus disimpan di aircraft boneyard dan tidak di bandara ?

Biaya parkir pesawat terbang di bandara terlebih pada bandara sibuk akan sangat mahal, oleh sebab itu tempat penyimpanan dan peristirahatan pesawat terbang pilihannya karena jauh lebih murah.

Dan walau kebanyakan dari maskapai akan lebih memilih tempat untuk menyimpan pesawatnya dalam lokasi yang dekat dengan markasanya sehingga mudah untuk melakukan pengawasan dan pemeliharaan namin ongkos bisa lebih murah di tempat ini.

Lokasi Ideal

Dataran yang kering seperti gurun adalah tempat yang ideal karena dapat menghindari proses karatan pada pesawat dan untuk menghindari debu yang berterbangan karena angin, semua pesawat yang ada di sini ditutup dengan bahan berwarna putih yang memantul untuk menghindari pancaran sinar matahari yang biasanya lebih keras di gurun dari tempat lainnya

Bisnis dalam Industri Aviasi ?

Tempat ini dapat dikatakan sebagai salah satu lahan bisnis pada industri aviasi karena pada akhirnya semua pesawat terbang akan pensiun dan dengan perkembangan industri pesawat terbang yang memproduksi pesawat terbang lebih baru, maka maskapai akan mengganti pesawat lamanya dengan yang baru, dan pada akhirnya semua pesawat lamanya akan dilepas atau diserahakn kepada pengelola aircraft boneyard dengan nila ekonomi yang dapat memberikan keuntungan pastinya bagi pengelola.

Namun perlu diingat bila berminat untuk membangun tempat penyimpanan dan peristirahatan pesawat terbang ini harus berlokasi di daerah kering untuk memperlambat proses karatan pada pesawat terbang dan beberapa persyaratan lainnya termasuk pemeliharaan pesawat yang disimpan sementara.

Beberapa tempat penyimpanan dan peristirahatan pesawat tebang ini adalah Pinal Airpark (MZJ) di Marana, Arizona, Kingman Airport (IGM) di Arizona, Mojave Air and Space Port, The Southern California Logistics Airport (SCLA) dan di Roswell International Air Center, New Mexico