Aviasi.com

Covid 19

Update Mingguan Badan Kesehatan Dunia WHO

16 Maret 2021

Terjadi kenaikan kasus baru sebanyak 10% dalam minggu ini dimana terdapat lebih dari 3 juta kasus baru dilaporkan di seluruh dunia.

Selama 3 minggu terakhir ini terdapat kenaikkan jumlah kasus baru dilaporkan dimana jumlah kasus baru sebelumnya memiliki tren penurunan setelah puncaknya pada Januari 2021, kenaikkan ini terjadi setelah tanggal 25 Februari 2021 yaitu sejak tingkat kasus baru menurun dari puncaknya ke 2.5 juta kasus baru pada saat itu.

Kasus baru yang dilaporkan pada minggu ini dikontribusi oleh peningkatan kasus baru di Amerika dan Eropa dimana lebih dari 80% dari jumlah kasus baru minggu ini dilaporkan. Peningkatan ini terjadi tidak hanya kasus baru namun juga kasus meninggal.

Peningkatan pada minggu ini juga dikontribusi oleh peningkatan kasus baru di beberapa negara kecuali Afrika dimana jumlah kasus disana sama dengan minggu lalu.

who.int/publications/m/item/weekly-epidemiological-update---16-march-2021

9 Maret 2021

Ada penambahan kasus Covid 19 baru sebanyak lebih dari 2,7 juta kasus dimana penambahan terjadi di daerah Mediterania Timur sebesar 10%, Afrika dengan penambahan 10%, dan Eropa sebesar 4%.

Penambahan kasus minggu ini naik 2% dari jumlah kasus minggu lalu.

Negara-negara yang berada dalam kawasan Mediterania Timur adalah Cyprus, Yunani, Palestina, Turki, Mesir, Jordania, Lebanon dan Siria.

Penurunan jumlah kasus terjadi di Amerika dan Asia Tenggara dengan masing-masing 2% dan Kawasan Pasifik sebanyak 6%.

who.int/publications/m/item/weekly-epidemiological-update---10-march-2021

Proses Layanan Tanpa Sentuh akan Merubah Bandara di Kenormalan Baru

Pemandangan bandara yang pada sebelumnya berupa kerumunan para pengguna angkutan udara yang saling berdesakan terutama pada saat proses check-in menciptkan kehatian-hatian dari pengguna angkutan udara selama pandemi Covid-19 ini..

Selengkapnya

Aviasi Dalam Pandemi

Industri Aviasi sebagai salah satu industri terbesar menjadi industri yang awal terkena dampak dari Pandemi Covid-19 yang disebabkan drastisnya penurunan jumlah orang yang berpergian dengan transportasi udara.

Kumpulan Berita-Berita Online Media Singkat Seputar Aviasi dalam Pandemi

Himbauan para Maskapai kepada WHO

Beberapa maskapai di dunia menyampaikan himbauannya kepada Badan Kesehatan Dunia untuk meniadakan karantina setelah vaksinasi dilakukan.

bloomberg.com/news/articles/2021-01-27/airlines-ask-who-to-back-quarantine-free-travel-after-vaccines

Banyak Pilot Maskapai Tanpa Pekerjaan

Menurut beberapa survey menunjukan lebih dari setengah jumlah pilot di seluruh dunia kini tanpa pekerjaan.

bloomberg.com/news/articles/2021-01-28/most-of-the-world-s-pilots-are-no-longer-flying-for-a-living

Jabatan Baru di Maskapai

Chief Health Officer adalah jabatan baru di dunia maskapai dan Delta Airline adalah maskapai pertama yang memiliki jabatan ini dengan menunjuk Dr,. Henry Ting.

travelpulse.com/news/airlines/pandemic-convinces-delta-to-hire-chief-health-officer.html

Layanan Tanpa Sentuh Area Parkir Bandara

Bandara Kelowna di Kanada meluncurkan layanan tanpa sentuh untuk pembayaran parkir di area bandara, layanan ini berbasis aplikasi mobile phone

airportindustry-news.com/ylw-launches-new-contactless-parking-experience/