Bandar Udara

Proses Layanan Tanpa Sentuh akan Merubah Bandara di Kenormalan Baru

Aviasi.com 18 Juli 2020

Pemandangan bandara yang pada sebelumnya berupa kerumunan para pengguna angkutan udara yang saling berdesakan terutama pada saat proses check-in menciptkan kehatian-hatian dari pengguna angkutan udara selama pandemi Covid-19 ini.

Pada jam-jam tertentu dan saat jarak antara satu keberangkatan dengan lainnya hampir bersamaan mebuat konter-konter check-in dibandara dipenuhi oleh kerumunan orang dan saling berdekatan, sesuatu yang bertolak belakang dengan apa yang kita hindari kini.

Interaksi antara penumpang dan staf bandara pada konter check-in dan boarding kini menjadi sebuah pertimbangan bagi seluruh bandara di dunia dalam mencegah penyebaran coronavirus sehingga dapat memberikan rasa aman dan percaya dari seluruh pengguna angkutan udara.

Para pengola bandara memikirkan berbagai cara untuk mengembalikan para pengguna angkutan udara dengan lebih dari sekedar protokol kesehatan.

Teknologi sudah terbukti merubah dan mempermudah manusia dalam melakukan aktivitasnya dan kini juga dalam menjaga manusia untuk terhindar hal yang dapat menganggu kesehatan mereka seperti coronavirus pada tempat-tempat kerumunan orang seperti di Bandara.

Bandara di Masa Datang

Pandemi tidak hanya merubah orang dalam menjaga kesehatan mereka dan untuk terhindar dari coronavirus, begitu juga bandara yang merupakan tempat berangkat dan datangnya para pengguna angkutan udara.

Penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh berbagai badan kesehatan dunia telah diterapkan dan bahkan beberapa bandara di dunia segera menerapkan dengan layanan yang menghindari kontak atau interaksi antara pengguna dengan staf bandara yaitu dengan layanana tanpa sentuh touchless atau hands-off sehingga dapat mengurangi atau bahkan menghindari interaksi sentuhan antara penumpang dan staff bandara akan meminimalkan resiko penyeberan virus di bandara.

Beberapa bandara di Norwegia seperti bandara Bergen, Stavanger dan Trondheim akan mulai dengan layanan ini, maskapai Air Canada alam website resmi nya juga menyatakan bahwa proses check-in dan bagasi pada penerbangan mereka sekarang sudah melalui layanan touchless atau hands-off ini.

Proses check-in akan terhidari dari antrian panjang calon penumpang karena sekarang para penumpang yang telah memesan tiket secara online dapat menghubungkan smartphone mereka pada mesin-mesin tanpa sentuh di bandara yang akan mencetak boarding pass kita.

Begitu pula proses bagasi dimana kita tinggal memasukkan berapa jumlah bagasi saat pemesanan tiket dan saat di bandara mesin-mesin tanpa sentuh akan mencetak tag bagasi kita.

Pandemi sepertinya membuat kita untuk berubah termasuk bandara yang menjadi tempat keberangkatan dan kedatangan pengguna angkutan udara sedang berbenah diri untuk memberikan keyakinan kepada para penggunanya.