Helikopter Militer

Aviasi.com | 24 September 2020

Penggunaan Helikopter pada dunia kemiliteran di sesuaiakan dengan kebutuhan militer baik itu oleh angkatan udara,laut maupun laut untuk menjalankan misi dan operasi militernya baik dalam keadaan perang maupun non perang

Helikopter dalam penerbangan sipil biassanya digunakan untuk mengangkut orang atau barang dari satu titik ke titik tujuan namun dalam dunia kemiliteran helikopter didesain sesuai dengan kebutuhan operasional masing-masing cabang dari kemiliteran.

Proses angkutan personil dan peralatan oleh militer antar pangkalan atau pos militer dalam keadaan perang dimana beberapa tidak ada landasan pacunya, maka helikopter lah yang digunakan karena dapat melakukan pendaratan secara vertikal atau VTOL.

Ini tipe helikopter yang digunakan oleh pihak militer sesuai dengan fungsinya :

Helikopter Militer
Pixabay.com

Helikopter Tempur (Attack Helicopter)

Sesuai dengan namanya, helikopter ini digunakan untuk menyerang lawan dan sebagai pendukung pasukan di darat dalam peperangan, helikopter penyerang memiliki kecepatan yang lebih cepat dari lainnya dan dilengkapi oleh beberapa persenjataan 'machine gun' dan rudal.

Helikopter Boeing AH-64 Apache, Bell AH-1W Super Cobra, Mil Mi-28 (Havoc) adalah beberapa contoh dari helikopter tempur ini.

Helikopter Militer

Helikopter Kargo (Angkut)

Helikopter ini selain dapat mengangkut peralatan berat militer juga dapat berfungsi sebagai helikoopter angkut seperti mengangkut para personil atau pasukan dalam medan pertempuran karena kemampuannya dalam lepas landas dan mendarat tanpa landasan pacu.

Helikopter kargo favorit tim Aviasi.com yaitu Boeing CH-47 Chinook adalah contoh dari helikopter kargo ini selain dari Mil Mi-26, Sikorsky CH-53E Super Stallion dan lainnya.

Helikopter Utilitas

Helikopter ini adalah helikopter yang dapat beroperasi alam segala keadaan lingkungan dengan dapat merubah fungsinya berdasarkan keaadaan lingkungan yang dihadapin, bisa menjadi helikopter tempur, pengintai dan kargo serta lainnya.

Contoh dari Helikopter ini seperti Helikopter yang sudah kita kenal yaitu Sikorsky UH-60 Black Hawk dan Kamov Ka-60 serta AĆ©rospatiale SA 330 Puma.

Helikopter Maritim

Penggunaan helikopter yang dilengkapi dengan sistem elektronik dan persenjataan mutakhir ini adalah untuk mendukung misi dan operasi militer di laut (Angkatan Laut) seperti misi melacak dan menyerang kapal selam dan target lainnya di laut.

Sikorsky SH-60 Seahawk adalah contoh Helikopter jenis ini selain dari Ka-52K buatan Rusia dan AgustaWestland AW159 Wildcat yang digunakan oleh Angkatan Laut Inggris.

Helikopter Multi Fungsi

Sesuai dengan namanya, helikopter ini memiliki kemampuan untuk melakukan multi fungsi dalam dunia kemiliteran baik itu Angkatan Udara, Angkatan Laut maupun Angkatan Darat.

Contohnya adalah Boeing AH-64 Apache yang digunakan oleh Angkatan Darat Amerika, Indonesia dan juga oleh Angkatan Udara Israel dan Belanda, selain Apache, Helikopter lainnya adalah AgustaWestland AW101 Merlin serta Helikopter Rusia Ka-27/28 dan Ka-29.

Helikopter Observasi (Observation Helicopter)

Helikopter ini dilengkapi sensor dan perlengkapan komunikasi lengkap serta infrared untuk melakukan misi dan operasi militer seperti pengintain untuk melihat pergerakan lawan serta dapat menyerang seperti pada helikopter tempur

Contoh dari jenis penggunaan helikopter ini dalam kemiliteran adalah Bell OH-58 Kiowa dan Bell OH-58 Kiowa dan MH-6 Little Bird buatan McDonnell Douglas (sekarang Boeing).

Helikopter Search Rescue

Helikopter ini digunakan untuk misi pencarian dan penyelematan sehingga helikopter ini dapat beroperasi dalam keadaan dan lingkungan yang sulit dan kritikal sekalipun untuk dapat menyelesaikan misi nya.

Salah satu contoh dari helikopter ini adalah Eurocopter MH-65 Dolphin.