Overtourism

Photo : Pexels.com

Memahami Overtourism dari Dampak Negatifnya

Oleh : Aviasi.com | 21 Juli 2020

Jika kita mendengar kata overtourism pasti akan terbayang akan sebuah destinasi wisata yang dipenuhi oleh banyak sekali wisatawan, dan memang benar dari satu sisi namun untuk memahami kata tourism yang tepat adalah bukan melalui jumlah wisatawannya atau keadaan yang saat itu terjadi akan tetapi lebih kepada dampak negatif yang diakibatkan.

Cara yang termudah untuk memahami makna dari overtourism dari dampak yang terjadi pada destinasi wisata Venice di Italia dimana turis yang datang dari penjuru dunia ke destinasi yang hanya memiliki luas sekitar 414,6 km2 itu.

Kapal pesiar yang bisa membawa ribuan wisatawan dalam satu kapal menambah penuhnya Venice dengan wisatawan dengan segala aktivitasnya mulai mengunjungi spot wisata, membeli cinderamata dan lainnya.

Sehingga dapat dikatakan kehidupan sehari-hari di Venice selalu dihiasi oleh kegiatan para wisatawan ini dan hal tersebut membawa dampak kepada masyarakat lokal disana dalam melakukan rutinitas mereka sehari-hari, sama dengan kita dalam keseharian.

Masyarakat lokal Venice juga mempertanyakan dimana keberadaan orang Venice sekarang dimana lebih banyak pendatang yang membangun hotel, restoran, penginapan dan lainnya serta ditambah dengan wisatawan dengan aktivitasnya daripada penduduk asli atau lokal yang bermukim di Venice.

Berkurangnya jumlah masyarakat Venice dapat terlihat pada periode tahun 2002-2007 dimana populasi orang Venice mengalami penuruan dalam jumlah sekiar 0,2% padahal secara keseluruhan Italia mengalami penambahan jumlah penduduk 3,85%.

Bisa jadi masyarakat lokal disana merasa tergangggu saat mereka ingin makan siang di sebuah restoran tapi karena dipenuhi oleh wisatawan, mereka jadi enggan untuk bersantap lagi di restoran tersebut, sehingga mereka banyak yang meninggalkan Venice dan mencari tempat lain yang lebih tidak ramai.

Selain itu adalah satu masalah yang sangat klasik dan terjadi di seluruh destinasi wisata pada umumnya adalah pengelolaan sampah pastinya, dapat dibayangkan berapa jumlah sampah yang diproduksi setiap harinya oleh Venice.

Mungin kita juga pernah mengalami hal ini di sebuah destinasi wisata pada saat liburan, dimana jalanan pada macet, untuk makan siang atau malam harus menunggu lama karena banyaknya wisatawan lain yang ingin bersantap juga, dan itu kita sebagai wisatawan padahal, bagaimana dengan masyarakat lokalnya ?

Kedatangan kapal pesiar ke Venice pun membawa dampak polusi pada air disekitar dan kita tahu bahwa hampir semua Venice adalah air

Polusi air yang berasal dari kapal pesiar adalah dampak yang sangat disesali oleh masyarakat disana dan beberapa organisasi di Venice.

Keberadaan aplikasi yang menyediakan penginapan murah dapat dikatakan sebagai pelatuk dari overtourism karena dengan para pendatang disana membeli rumah bukan untuk ditempati namun untuk dibangun penginapan sehingga membuat harga properti disana melonjak tinggi.

Sehingga untuk memahami kata overtourism adalah dari dampak yang diakibatkan oleh banyaknya aktivitas pariwisata dalam sebuah periode waktu terutama saat waktu liburan tiba seperti liburan musim panas atau dingin.

Kedatangan wisatawan dalam jumlah banyak akan membawa dampak positif baik kepada destinasi tersebut maupun kepada masyarakat lokal dalam perekonimiannya namun disatu sisi bila pengeloaannya kurang baik, maka overtourism yang menjadi momok dari semua destinasi wisata di dunia, dapat terjadi.