Destinasi Wisata

Pariwisata
Dok Aviasi.com

Destinasi wisata adalah sebagai tempat atau pusat kegiatan wisata dengan berbagai fasilitas dan kelengkapan yang dapat memenuhi segala kebutuhan para pelancong, sebuah destinasi wisata menjadi basis dimulainya dan berakhirnya segala kegiatan.

Destinasi wisata dapat berupa kota, pulau, pegunungan dan lainnya sesuai dengan daya tarik yang dimiliki oleh tempat tersebut dalam menjaring para turis untuk melakukan perjalanan liburan ke tempat tersebut.

Sebuah kota besar dapat menjadi destinasi wisata dengan adanya peninggalan bersejarah seperti musemum, bangunan kuno dan lainnya sebagai daya tarik wisata yang menampilkan kebudayaan lokal yang masih dipelihara dan atau diterapkan dalam kehidupan masyarakat setempat.

Badan Dunia UNESCO menyebutkan bahwa melalui pariwisata lah sebuah kebudayaan dapat di pelihara dengan baik dan lebih banyak dikenal banyak orang/turis.

Daya Tarik Wisata

Sebuah destinasi wisata akan berusaha untuk menjaring sebanyak mungkin turis yang datang melalui daya tarik wisata di destinasi wisata tersebut, sehingga dapat dikatakan bahwa daya tarik wisata sangat mempengaruhi keputusan turis untuk berlibur ke suatu tempat .

Daya tarik wisata dapat berupa hutan, pantai, taman bunga, bangunan atau monumen bersejarah, kehidupan etnik, pemandangan alam dan juga pertunjukan-pertunjukan budaya dan lainnya yang dapat menarik perhatian turis untuk datang.

Selain daya tarik, faktor aksesibilitas juga memainkan peranan dalam menjaring turis dengan memudahkan para turis untuk mencapai destinasi tersebut melalui transportasi darat, laut dan udara.

Pembangunan terminal bis, kereta api, pelabuhan laut serta bandar udara sudah merupakan keharusan bagi destinasi wisata untuk dapat mempermudah akses ke tempat tersebut, penerbangan langsung untuk rute internasional akan sangat banyak membantu turis dalam mempersingkat waktu tempuh mereka sehingga dapat mengatur dengan jadwal liburannya yang mungkin singkat juga.

Hubungan Emosional

Orang berlibur ke sebuah tempat juga dapat didasari oleh hubungan emosional terhadap destinasi wisata tersebut yang dimiliki oleh seseorang. Hubungan emosional ini bisa yang terjadi langsung dan tidak langsung.

Hubungan emosional yang langsung misalnya kecintaan seseorang kepada destinasi wisata tersebut pada kunjungan sebelumnya sehingga menimbulkan rasa rindu dan ingin kembali berkunjung dan mungkin pada akhirnya orang tersebut memutuskan untuk tinggal disana.

Kita dapat melihat contoh seperti ini di Bali dengan banyaknya wisatwan asing yang memutuskan untuk menetap di Bali karena kecintaan mereka dan sudah mengganggap Bali sebagai rumah kedua bagi mereka.

Hubungan emosional yang tidak langsung adalah saat dimana salah satu kerabat atau anggota keluarganya pernah tinggal di destinasi wisata tersebut dahulu dan untuk menghormati sesepuh mereka maka mereka datang berkunjung kesana.

Kita bisa melihat contoh ini dari turis dari negara Belanda yang memiliki kerabat atau anggota keluarga yang pernah tugas dahulu di Indonesia dan memutuskan untuk berkunjung kembali untuk mengenang dan mengenal lebih jauh tentang kerabat atau anggota keluarganya tersebut.

Fasilitas Destinasi Wisata

Fasilitas pada destinasi wisata juga akan memainkan peranan dalam memenuhi kebutuhan para wisatawan selama berlibur pada sebuah destinasi. Restoran, Kafe, pusat perbelanjaan, bioskop, fasilitas kesehatan dan lainnya akan membuat para wisatawan akan merasa yakin dan nyaman untuk berkunjung kesana terlebih bila mereka membawa keluarganya dimana terdapat lansia dan anak-anak.

Fasilitas juga dapat bergantung pada destinasi wisata tersebut, sebuah pulau misalnya tidak perlu membutuhkan pusat perbelanjaan dan bioskop mungkin karena para turis yang datang dan berlibur untuk berbelanja dan mencari hiburan namun justru memilih pulau tersebut karena dapat memberikan mereka ketenangan dan keindahan alam yang masih alami serta belum tersentuh dengan pembangunan.

Hiburan seperti tempat bermain atau 'theme park' atau kebun binatang akan sangat digemari oleh anak-anak, sedangkan kafe atau tempat kedai kopi di tepi pantai akan sangat digemari oleh kaum muda untuk nongkron sambil menunggu matahari terbenam di pantai.

Destinasi wisata melalui daya tarik yang dimiliki dapat memberikan manfaat ekonomi yang luar biasa pada sebuah daerah melalui pajak, pembelanjaan dari turis-turis, pengadaan lapangan kerja pada sektor pariwisata sehingga tidak mengherankan khususnya destinasi wisata dari sebuah pulau atau kepulauan akan menjadikan sektor pariwisata sebagai sumber pemasukkan utamanya melalui pengembangan desttinasi wisata di daerahny