Melihat Potensi Wisata Pulau di Indonesia

Aviasi.com 29 Agustus 2020

Wisata Pulau

Tersebarnya pulau-pulau di Indonesia menjadikan potensi wisata pulau yang sangat menjanjikan bagi masa depan pariwsata Indonesia.

Mulai dari sebelah barat hingga timur Indonesia tersebar pulau-pulau yang memiliki keindahan alam yang luar biasa dan beberapa sudah dikembangkan menjadi destinasi wisata dan sisanya masih menunggu untuk dikembangkan.

Pulau memiliki daya tarik berupa keindahan alam khususnya pantai dan air laut yang jernih disamping itu pulau dapat memberikan pengalaman liburan yang berbeda dari tempat lain karena nuansa keberadaan di pulau dengan segala aktivitasnya membuat para wisatawan merasa pengalaman liburan mereka sangat berbeda.

Istilah dalam bahasa Inggris yang menggambarkan liburan di pulau berupa Sea, Sand and Sun memang sangat tepat untuk menggambarkan pengalaman liburan di pulau dimana kita dikelilingi oleh laut dan pantai dan selalu mendapatkan sinar matahari beserta pemandangan saat matahari terbit dan terbenam di pulau.

Ditambah dengan kegiatan yang kebanyakan di air laut seperti berenang, snorkeling dan lainnya membuat pengalaman liburan di pulau memiliki daya tarik yang dapat dikatakan lebih daripada pengalaman liburan lainnya.

Keberadaan kita saat berlibur di pulau juga dapat memberikan nuansa yang sangat berbeda dengan tempat lain, hal ini bisa disebabkan karena misalnya tidak ada kepadatan lalu lintas sehingga kebisingan berkurang atau saat di pagi hari bisa menyaksikan matahari terbit tanpa adanya hambatan gedung-gedung bertingkat seperti di kota-kota besar.

Saat malam tiba, nyaris tidak ada suara yang terdengar kecuali deruan ombak air laut dan ketika pagi hari terbangun dengan pemandangan pasir putih dari kamar yang menghadap ke pantai, sesuatu yang mungkin jarang kita dapat alami di tempat asal kita.

Kegiatan terbatas ?

Pada umumnya orang berwisata ke pulau untuk menikmati keindahan pantai dan air lautnya dan melakukan kegiatan di air seperti berenang dan snorkeling/menyelam yang biasa mereka lakukan di pagi hari, namun ketika siang hari saat matahari berada di tepat diatas kepala, nyaris kegiatan di pantai pun terhenti untuk menghindari teriknya sinar matahari.

Wisata Pulau
Ilustrasi pulau (pixabay.com)

Bagi wisatawan yang menginap di pulau mungkin masih memiliki waktu panjang di sore harinya, namun bagi yang tidak menginap justru membuat waktu mereka menjadi terbatas karena mereka harus melakukan perjalanan kembali ke pulau utama.

Sebenarnya kegiatan untuk mengisi liburan di pulau tidak hanya sebatas pada kegiatan di laut, kegiatan di darat pada siang hari pun masih ada yang bisa dilakukan apabila pulau tersebut memiliki fasilitas atau pendukung yang dapat menambah kegiatan para pengunjungnya.

Kegiatan kuliner seperti belajar memasak, berenang di kolam renang, picnic lunch dan lainnya adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan di siang hari ketika berlibur di pulau.

Jika pulau tersebut terdapat zona tempat tinggal masyarakat lokal dapat diadakan tur ke sana untuk melihat kegiatan masyarakat lokal, dan bila ada kegiatan seni atau kerajinan yang diberdayakan disana seperti tenun dan lainnya, hal ini dapat menambah daftar kegiatan di siang hari menjelang sore.

Wisata Pantai
Pixabay.com

Branding Pulau

Penggunaan istilah Sea, Sand and Sun dalam menggambarkan kegiatan wisata di pulau ini tidak memberikan pembeda dari satu pulau ke pulau lainnya sehingga terpatri dalam setiap wisatawan bahwa wisata pulau hanyalah tentang 3 hal tersebut.

Setiap pulau pastinya memiliki keunikan masing-masing, sebagai contoh bila kita melihat 3 gili di utara Lombok yaitu Terawangan, Meno dan Air yang walau bersebelahan letaknya namun masing-masing memiliki keunikan atau ciri khas masing-masing.

Bila kita ingin melihat lebih jauh lagi bisa membandingkan gili-gili utara ini dengan gili-gili di Selatan Lombok (Sekotong) dengan air laut yang tenang, walau memiliki keindahan alam yang sama indahnya, gili-gili ini jelas memberikan pengalaman liburan yang berbeda-beda bagi para pengunjungnya.

Pulau-pulau yang tidak dikelola dengan maksimum biasanya cenderung memang menawarkan keterbatasan kegiatan para pengunjungnya sehingga atraksi atau daya tarik wisata hanya berfokus pada di pantai saja, terlebih bila tidak ada penginapan disana, hal ini membuat waktu berkunjung bagi wisatawan pun menjadi terbatas.

Berbeda dengan pulau yang sudah dikelola dengan baik dan maksimum dengan menawarkan beragam aktivitas bagi pengunjungnya seperti snorkeling, belajar menyelam, bersepeda, dan lainnya akan memberikan waktu yang lebih lama kepada para pengunjungnya untuk berwisata disana dan bahkan menginap di pulau tersebut.

Memberikan branding wisata kepada sebuah pulau akan menambah daya tarik wisata sehingga wisatawan pun akan tahu bahwa bila ingin mendapatkan pengalaman liburan di pulau yang sesuai dengan pilihan aktivitas mereka dan di pulau tersebut menawarkan hal itu, maka wisatawan pun segara mengetahui bahwa pulau tersebutlah tujuan liburan mereka berikutnya.

Ilustrasu Pantai (pixabay.com)

Wisata pulau yang menjanjikan

Wisata pulau banyak digemari dari segala jenis umur dan juga bagi para keluarga yang ingin berlibur bersama anggota keluarganya dengan nuansa yang sangat berbeda yang ditawarkan oleh sebuah pulau.

Keberadaan pulau sebagai destinasi wisata memang sangat menjanjikan untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung dan pada akhirnya memberikan nilai ekonomi kepada masyarakat lokalnya dan melihat jumlah pulau yang Indonesia miliki sangatlah banyak, maka dapat dikatakan bahwa potensi wisata pulau di Indonesia sangat menjanjikan di masa mendatang.

Tata kelola wisata di pulau yang profesional dan cepat menangkap kebutuhan wisatawan akan sebuah pengalaman liburan di pulau dan menawarkan beragam kegiatan wisata di darat dan air dapat menambah jumlah kunjungan wisatawan ke pulau tersebut.

Masyarakat lokal di pulau sebagai tuan rumah bagi para wisatawan yang datang diharapkan dapat lebih memahami dan sadar akan nilai ekonomi dari kegiatan pariwisata di pulaunya sehingga ciri khas dan keunikan dari pulau tersebut dapat menjadi branding atau pembeda pulau tersebut dari pulau lainnya.