Wisata Premium

Memaknai Wisata Premium

Aviasi.com 10 Oktober 2020

Beberapa waktu terakhir ini kita sering mendengar istilah wisata premium sejak pemberlakuan konsep ini pada destinasi wisata Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, namun apa sebenarnya wisata premium itu ?

Iustrasi penerapan kata premium pada layanan jasa dapat kita lihat pada maskapai yang menawarkan kelas ekononi premium dimana terdapat peningkatan kualitas pelayanan di kelas ini dibanding kelas ekonomi biasa seperti pada jarak kursi di depan dan belakang yang lebih.

Namun demikian kelas ekonomi premium belum dapat dikatakan kelas bisnis yang layanannya diantara kelas utama dan kelas ekonomi/ekonomi premium.

Kata premium pada dasarnya adalah peningkatan mutu atau kualitas dari sebuah barang atau jasa untuk dapat mengakomodasi pelanggan yang menuntut kualitas yang lebih atas sebuah barang atau jasa.

Mungkin masih ada beberapa dari kita yang masih menyamakan makna premium dengan kemewahan atau luxury, dimana keduanya adalah sangat berbeda baik secara konsep maupun penerapannya.

Penerapan Kata Premium Dalam Wisata

Penerapan kata premium pada barang akan lebih mudah dilihat daripada penerapannya pada wisata karena dalam barang, perbedaan kualitas dapat terlihat secara jelas seperti pada sebuah kemeja terbuat dari katun dan sutera misalnya.

Pada wisata dimana kualitasnya terletak pada pelayanan, penerapan kata premium akan bersifat tak terlihat langsung karena hanya dapat dirasakan dan dinikmati oleh wisatawan dalam mendapatkan pengalaman liburan sesuai dengan preferensinya.

Pemilihan hotel dengan harga lebih tinggi tidak selamanya menjadi sebuah layanan premium karena pada dasarnya liburan adalah sebuah pengalaman bukan perjalanan dimana wisatawan akan mencari, melihat dan merasakan segala sesuatu yang berbeda dari apa yang mereka biasa lakukan dan alami pada rutinitas mereka.

Apabila kita ditawarkan menginap di sebuah pulau indah dengan pasir yang putih serta air laut yang jernih namun hanya dengan tenda atau bangunan non permanen dan hanya kita yang berada di pulau tersebut, mungkin kita akan lebih memilih ini daripada menginap di hotel.

Karena apa ? pengalaman menjadi jawabanya karena tidak setiap waktu kita bisa merasakan seperti memiliki pulau pribadi dan menyaksikan matahari terbit dan terbenam tanpa terhalang oleh beton tinggi di perkotaan tempat kita tinggal.

Atau kita lebih memilih berlayar dengan kapal pinisi dibanding dengan kapal speeboat dengan kecepatan yang lebih, hal ini tidaklah lain karena untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lebih.

Akan tetapi ada beberapa keadaan dimana kualitas liburan dirasakan melalui layanan fisik seperti private villa dimana segala fasilitas dan layanannya akan sangat membantu wisatawan khususnya ibu-ibu yang ingin juga berlibur tanpa harus mengajak rutinitasnya sehari-hari.