Pabrikan Pesawat Militer

Aviasi.com | 17 September 2020

Selain Boeing dan Airbus, pabrikan pesawat mana yang memproduksi pesawat-pesawat militer untuk berbagai jenis misi dan kebutuhan dari pihak militer ?..

Pesawat F-15

Saat ini berbagai jenis pesawat militer untuk berbagai misi dan operasi militer menghiasi angkasa mulai dari pesawat tempur, angkut, pembom, pengintai hingga helikopter dan drone.

Perkembangan terutama dalam penerapan teknologi pada pesawat-pesawat untuk keperluan militer ini selalu disesuaikan dengan kebutuhan dari pihak militer sebagai pengguna sehingga dapat dikatakan penerapan teknologi pada pesawat militer sangat berbeda terutama dalam biaya pengembangan dan produksinya.

Beberapa pabrikan pesawat militer di dunia berlomba untuk memproduksi pesawat yang memang sesuai dengan kebutuhan militer, pabrikan pesawat mana saja yang sudah memproduksi pesawat-pesawat militer yang super canggih itu ?.

Dari sekian banyak pabrikan pesawat militer, ada beberapa yang tidak dapat mempertahankan eksistensinya karena beberapa hal, namun mereka telah meninggalkan legacy bagi dunia penerbangan militer.

aviasi.com

McDonnell Douglas adalah pabrikan hasil merger antara McDonnell dan Douglas pada tahun 1967.

Walau kini sudah merger dengan Boeing namun tidak bisa dilupakan bahwa pabrikan McDonnell Douglas ini telah memproduksi pesawat militer yang canggih pada jamannya dan masih digunakan hingga kini seperti F-15 Eagle dan F/A-18 Hornet dan pesawat tanker KC-10 dengan menggunakan pesawat produksi mereka DC-10.

McDonnell Douglas juga memproduksi pesawat angkut militer yang tangguh yaitu C-17 Globemaster III (kini McDonnell Douglas/Boeing C-17 Globemaster III) yang terbang pertama kali pada tanggal 15 September 1991.

Kita juga tidak bisa melupakan produk pesawat F-4 Phantom mereka yang diperuntukan untuk Angkatan Laut Amerika.

McDonnell Aircraft Corporation

McDonnell Aircraft Corporation adalah nama pabrikan sebelum berubah menjadi McDonnell Douglas pada tahun 1967 hasil penggabungan antara 2 pabrikan pesawat McDonnell Aircraft Corporation dan McDonnell Aircraft Corporation.

Pabrikan McDonnell Aircraft Corporation didirikan oleh James Smith McDonnell, seorang tokoh penerbangan dan pengusaha yang memulai awalnya pabrikan ini untuk membuat pesawat untuk keperluan pribadi pada tahun 1928.

Produk mereka yang kita kenal adalah F-4 Phantom yang diperuntukan untuk Angkatan Laut Amerika, pesawat yang banyak memainkan peranan dalam perang Vietnam.

Sejak diperkenalkan pada tahun 1961, pihak militer Amerika Serikat masih menggunakan pesawat ini pada Gulf War sebelum dipensiunkan pada tahun 1996.

Douglas Aircraft Company

Jika mendengar nama Douglas, kita akan langsung mengingat pesawat DC-3 Dakota atau C-47 untuk versi militer nya dan memang pesawat ini salah satu produk besutan Douglas Aircraft Company yang cukup sukses pada ketika itu.

Pabrikan ini didirikan oleh seorang tokoh penerbangan dan engineer yaitu Donald Wills Douglas Sr pada tahun 1921.

Pesawat C-74 Globemaster dan C-124 Globemaster II adalah generasi awal dari pesawat angkut militer C-17 Globemaster III, dimana C-124 Globemaster II merupakan pesawat angkut berat yang digunakan oleh Angkatan Udara Amerika dari tahun 1950 hingga tahun 1960 an ketika itu.

Pada era jet, mereka memproduksi DC-8 yang pada awalnya diajukan sebagai pesawat tanker untuk kebutuhan militer Amerika ketika itu, namun yang dipilih adalah dari Boeing dengan KC-135 yang merupakan versi dari Boeing 707.

Pesawat DC-8 pada akhirnya dikembangkan untuk pesawat penumpang komersial dan cukup sukses dan bersaing dengan pesawat B-707 besutan dari pabrikan Boeing.

Rockwell International

Perusahan yang bergerak dalam pembuatan atau pabrik pembuat peralatan elektronik, otomotif dan pesawat terbang di Amerika Serika yang didirikan pada tahun 1919 oleh Willard Rockwell.

Pada tahun 1969 pabrikan ini bersama dengan North American Aviation memproduksi pesawat OV-10 Bronco dimana dahulu TNI AU membeli sebanyak 12 pesawat.

North American Aviation sendiri merupakan pabrikan pesawat yang produknya fenomenal juga seperti P-51 Mustang, F-86 Sabre dan pesawat pembom B-25 Mitchell.

Kedua pabrikan ini pada tahun 1967 merger dengan nama North American Rockwell sebelum akhirnya kini bagian dari pabrikan Boeing dalam divisi Boeing Defense, Space & Security.

Pesawat besutan mereka yang kini masih beroperasi adalah pesawat pembom B-1 Lancer yang mulai diperkenalkan pada tahun 1986 dan pihak Angkatan Udara Amerika sebagai pengguna utamanya.