Penerbangan

Oleh : Aviasi.com | 20 September 2020

Bandara Sydney
Pxhere.com

Penerbangan adalah proses pergerakan sebuah benda ke atmosfir bumi atau sekitarnya dan luar angkasa dengan daya angkat sehingga tidak menyentuh tanah atau daratan.

Dalam dunia Aviasi, penerbangan dapat mengacu kepada perjalanan yang ditempuh oleh sebuah pesawat terbang dan bila pada aviasi sipil kita mengenal dengan nomor penerbangan yang menginformasikan waktu dan tujuan dari sebuah penerbangan.

Segala sesuatu dapat terbang dengan melayang atau membumbung dibantu oleh daya dorong dan angkat, namun dalam aviasi atau penerbangan pesawat terbang diterapkan mesin untuk menghasilkan daya dorong dan angkat tersebut, penerbangan dengan menerapkan mesin pada pesawat terbang dikenal dengan istilah mechanical flight.

Penerbangan adalah bagian dari aviasi dimana pada pengopersian pesawat terbang dilakukan, selain dari industri pesawat terbang yang juga merupakan arti dari aviasi.

Pihak yang Melakukan Penerbangan

Penerbangan yang dilakukan oleh maskapai biasanya terjadwal dengan ditandakan oleh nomor penerbangan tersebut dari satu titik atau bandara keberangkatan menuju bandara tujuan.

Pada penerbangan sipil private yang merupakan general aviation, maskapai atau perusahaan charter tidak menjadwalkan penerbangan karena penerbangan baru dilakukan apabila ada pemesanan dari pelanggannya atau pemiliknya.

Penerbangan pada pendidikan mencetak penerbang, penerbangan untuk meliput berita lewat udara dan penerbangan untuk keperluan pribadi juga tidak terjadwal karena penerbangan dilakukan berdasarkan kebutuhan.

Penerbangan untuk evakuasi seperti evakuasi medis termasuk juga dalam general aviation..

Pihak Militer juga melakukan penerbangan namun berbeda dengan penerbangan sipil dimana penerbangan militer dilakukan berdasarkan misi dan operasi militer yang dijalankan oleh pihak militer.