Perkembangan Jet Pribadi

Pesawat Private Jet
Pesawat Jet Pribadi dan Bisnis

Gaya Hidup dalam Perjalanan Udara

Sebuah kenikmatan dalam melakukan penerbangan jika tidak perlu mengantri di konter check-in atau mengalami keterlambatan pesawat saat kita memiliki rencana setelah tiba ditujuan.

Kenikmatan tersebut adalah pesawat jet pribadi atau jet bisnis dimana kita bisa mengatur jadwal dan tujuan penerbangan sesuai dengan kebutuhan dan referensi kita sendiri, tanpa mengantri dan tanpa delay.

Pesawat jet pribadi/bisnis ini bisa disebut sebagai puncak dari sebuah kemewahan dalam kehidupan seseorang, banyak orang yang dapat memiliki mobil atau rumah mewah namun tidak sebanyak itu yang dapat memiliki pesawat jet pribadi.

Mengapa ?

Selain dari harganya yang tinggi juga terdapat beberapa biaya-biaya yang harus dikeluarkan seperti biaya parkir pesawat, landing fee, biaya perawatan pesawat berkala dan tidak dilupakan biaya kru pesawat dan lainnya.

Sejarah dan Perkembangannya

Jika kita melihat sejarah dari aviasi itu sendiri seperti pesawat dengan mesin buatan Wright Bersaudara dan lainnya, semua merupakan pesawat untuk penggunaan pribadi sehingga dapat dikatakan aviasi dimulai dari Private Aviation .

Pada sebuah video di youtube kami pernah disebutkan bahwa dahulu banyak masyarakat di Inggris yang memprediksi perkembangan pesawat akan seperti mobil jadinya akan banyak mobil-mobil di angkasa kota London.

Setelah pesawat bermesin lahir, pesawat hanya dapat dinikmati oleh beberapa kalangan elit saja ketika itu karena pesawat penggunaan pesawat belum merambah ke sektor komersial, penggunaanya hanya untuk pribadi saja.

Dan karena pesawat masih digunakan untuk keperluan pribadi maka pesawat-pesawat yang dibuat masih dalam ukuran kecil tidak besar untuk mengangkut penumpang.

Penggunaan pesawat untuk pribadi memang mengawali perkembangan aviasi itu sendiri paling tidak hingga era dimana aviasi sipil merambah pada sektor komersial serta saat era jet memasuki dunia penerbangan dimana pesawat digunakan untuk membawa penumpang ke tujuannya.

Dari Pribadi Ke Bisnis

Kebutuhan perjalanan bisnis melalui angkutan udara membuat penggunaan pribadi merambah pada penggunaan komersial dimana banyak produsen pesawat yang membuat pesawat untuk keperluan tersebut atau dengan kapasitas untuk grup atau kelompok.

Memasuki era jet, beberapa produsen pesawat terbang memproduksi pesawat untuk keperluan perjalanan pribadi dan bisnis dengan berkapasitas terbatas sesuai dengan kebutuhan .

Lockheed memperkenalkan pesawat JetStar pada awal tahun 1960 yang melakukan perdana sebelumnya pada tanggal 4 September 1957 dengan berkapasitas 10 orang ditambah 2 kru dan disebut sebagai pesawat jet pribadi pertama dan memang didesain untuk penggunaan perjalanan bisnis.

Produsen pesawat Learjet juga memperkenalkan pesawat LearJet 23 dan juga produsen pesawat Gulfstream dengan pesawat Gulfstream II ikut meramaikan jenis pesawat jet untuk keperluan pribadi dan bisnis ini.

Selain itu dunia usaha melihat potensi dari perkembangan perjalanan bisnis melalui angkutan udara ini dengan menyediakan penyewaan pesawat atau charter bagi yang membutuhkan jasa angkutan udara tanpa harus memiliki pesawat.

Terbang Lebih Jauh dan Kenyamanan Tinggi

Perjalanan lewat angkutan udara antar negara dan antar benua melahirkan pesawat-pesawat berbadan lebar seperti Boeing 747, Lockheed Tristar dan McDonnel Douglas DC 10 dengan perkembangan penerbangan sipil komersial ketika itu.

Setelah memperkenalkan Boeing 747 untuk penerbangan sipil komersial, Boeing memperkenalkan Boeing 747 VIP Private Jet yang membuat pengguna nya dapat terbang jauh serta mendesain interior kabin sesuai dengan keinginannya.

Ruang tidur pribadi atau ruang rapat yang luas memberikan kenyamanan kepada penggunanya dan dapat melakukan perjalanan antar negara dan benua tanpa harus melewati antrian panjang di bandara.

Masa Kini dan Masa Depan

Pengunaan pesawat jet untuk keperluan pribadi dan bisnis kini menjadi sebuah kebutuhan bagi beberapa pribadi dan bisnis serta menjadi lambang kemewahan terutama pada yang memiliki pesawat sendiri.

Baik itu kalangan usaha, pemerintahaan dan kalangan selebritas pun beberapa dari mereka memilih pesawat pribadi ini untuk perjalanan bisnis atau pribadi mereka.

Pada tahun 2014 beberapa produsen pesawat telah memulai untuk membuat pesawat pribadi dengan mesin supersonik yang selain memberikan kecepatan dalam menempuh perjalanan juga tetap memberikan kenyamanan bagi penggunanya.