Sektor pada Aviasi

Sektor pada Aviasi

Oleh : Aviasi.com | 09 Oktober 2020

Pengertian kata industri maskapai sering disamakan dengan industri aviasi, namun dalam kenyataannya keduanya bukan kesamaan kata atau sinonim dan bahkan maskapai merupakan bagian dari industri aviasi.

Sedangkan bila kita berbicara mengenai aviasi, ada dua kategori besar yaitu Aviasi Militer dan Aviasi Sipil.

Maskapai baik itu maskapai yang berjadwal seperti maskapai pada umumnya dan maskapai yang tidak berjadwal seperti pada leisure atau charter, keduanya merupakan bagian dari aviasi sipil.

Pada aviasi sipil mencakup maskapai berjadwal dan tidak, bandara, ATC, pabrikan/produsen pesawat, pusat pemeliharaan pesawat serta keselamatan penerbangan.

Aviasi sipil sendiri terdapat dua jenis yaitu aviasi sipil komersial dan aviasi sipil private dimana aviasi sipil private ini di beberapa negara disebut sebagai General Aviation seperti pengoperasian pesawat untuk peliputan berita, penerbangan untuk keperluan pribadi dan segala jenis penerbangan yang tidak terdapat keuntungan ekonomi dari penggunaan pesawatnya.

Industri aviasi juga mencakup pabrikan/produsen pesawat terbang untuk ditawarkan kepada pembelinya sepeti para maskapai maupun perusahaan dan perorangan sebagai pengguna atau operator.

Sehingga aviasi kini sudah menjadi sebuah industri yang memiliki banyak sektor.

Sehingga bila kita berbicara mengenai aviasi, kita tidak hanya berbicara mengenai maskapai saja melainkan keseluruhan bagian tersebut diatas yang merupakan sektor dari industri aviasi.